Tips menghilangkan bau amis ikan

cara menghilangkan bau amis ikan - ikan

Tidak ada salahnya untuk mulai gemar mengkonsumsi ikan laut, setidaknya sekali dalam sepekan. Selain memiliki banyak manfaat, bahan makanan tersebut juga sangat mudah didapatkan dengan harga terjangkau. Anda juga dapat mengolahnya dengan berbagai teknik memasak sesuai selera seperti dikukus, direbus, dipanggang, atau digoreng. Tapi bau amisnya membuat kita enggan menikmati lezatnya daging ikan.
Nah, ABC Resep akan membagikan tips untuk menghilangkan bau amis ikan :

1.       Kalau ikan yang akan Anda gunakan adalah ikan utuh, bersihkan ikan dengan baik, terutama bagian hitam yang biasa terlihat di atas ikan setelah kepalanya dipotong. Bagian inilah yang biasa membuat ikan berbau amis.

2.       Bersihkan sisik ikan secara menyeluruh, lalu lumuri ikan dengan cuka. Jumlah cuka yang digunakan adalah 2 sendok teh cuka untuk tiap 1 kilogram ikan. Setelah dilumuri cuka, biarkan ikan selama sekitar 15-20 menit. Setelah itu, basuh ikan dengan air hangat, lalu bersihkan kembali dengan air garam untuk menetralisir rasa dan aroma ikan yang telah diberi cuka

3.       Lumuri ikan dengan campuran air perasan jeruk nipis atau lemon serta garam dan lada. Lalu biarkan ikan selama sekitar 30 menit. Agar meresap sempurna, buat keratin pada bagian tubuh ikan.


Hidangan ikan pun akan semakin lezat disantap kalau bau amis ikan telah dihilangkan. Setelah itu, Anda pun bebas mengolahnya sesuai selera.

Artikel Terkait