Gak Sampai 5 Menit Jantung Anda Akan Sehat. Baca Ini!

Meski hanya berukuran sekepalan tangan, jantung merupakan organ yang vital peranannya bagi tubuh. Terganggu atau rusak sedikit saja, nyawa yang menjadi taruhannya. Mengingat perannya yang sengat penting, jantung perlu dijaga agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Apa saja yang diperlukan oleh jantung agar tetap sehat? Inilah kunci agar jantung tetap sehat :
1. Mendapat cukup suplai oksigen
Agar jantung tidak terlalu terbebani, tubuh harus mendapat cukup suplai oksigen. Suplai oksigen untuk jantung didapatkan melalui olahraga aerobik seperti berjalan kaki, jogging, berenang, bersepeda, lari-lari kecil, maupun lari maraton. Kuncinya, adalah melakukan aktivitas fisik secara konstan sehingga detak jantung menjadi teratur.
Jantung Sehat

2. Memperbanyak bernapas secara sadar
Napas yang tidak disadari biasanya cenderung pendek dan mengandung sedikit oksigen. Hal tersebut membuat jantung harus bekerja lebih keras untuk menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Agar jantung lebih sehat, bernapas secara sadar dengan frekuensi lambat sangat diperlukan. Bernapas secara sadar dan perlahan membuat jantung mendapat cukup suplai oksigen sehingga kerja jantung tidak terlalu berat.
Cara bernapas untuk kesehatan jantung adalah sebagai berikut : Tarik napas, kemudian buang napas. Tarik napas sekitar lima hitungan, tahan dua hitungan, keluarkan dalam tiga sampai lima hitungan.

3. Asupan sehat
Asupan sehat untuk jantung terdiri dari protein baik yakni protein, karbohidrat dalam jumlah cukup, makanan rendah kolesterol, serta makanan kaya serat. Agar jantung tetap sehat, makanan tinggi kolesterol perlu dihindari karena dapat menyebabkan pengapuran pembuluh darah yang akan memicu serangan jantung. (baca juga : Hindari kolesterol, kanker dan penyakit jantung dengan sayuran ini)

4. Cukup istirahat
Cukup istirahat merupakan syarat mutlak agar jantung tetap sehat. Istirahat yang baik dapat dilakukan dengan tidur nyenyak selama lebih kurang enam jam.

5. Pikiran yang tenang
Pikiran yang tenang membuat kerja jantung lebih ringan. Lain halnya jika pikiran tidak tenang, hal tersebut akan membuat tubuh dan jantung menjadi tegang. (Klik juga : Hal Sepele ini bisa menyebabkan kematian )

Resep Masakan  Resep Minuman   Aneka Sambal 


Artikel Terkait