Khasiat Seledri


seledri - khasiat seledri

#Khasiat Seledri - Sobat Abc Resep pasti kenal betul dengan jenis sayuran yang satu ini, seledri. Warna hijaunya yang menghiasi hidangan, ditambah aromanya khas, memang membangkitkan selera makan.
Namun sayang, kebanyakan kita cenderung memandang sayuran bernama latin Apium graveolens ini hanya sebagai bumbu atau pelengkap masakan. Karenanya tak banyak yang mengonsumsinya sebagai sayuran.
Tak banyak dari kita yang menyadari kandungan nutrisi seledri. Selain wangi, seledri mengandung zat gizi yang bermanfaat bagi kesehatan kita. #Seledri menyimpan banyak zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Mulai dari potasium, asam folat, vitamin A karoten, vitamin C, serat, dan banyak lagi. Karena segudang zat gizi yang dimilikinya inilah seledri dipercaya mampu mendukung proses penyembuhan beberapa gangguan medis, antara lain hipertensi, alergi dan penyusutan daya ingat. Tetapi, tentu saja, untuk mendapatkan khasiat seledri tersebut, cara mengonsumsinya pun harus tepat. Bila hanya sebagai bumbu pelengkap masakan, efek yang kita dapat sedikit sekali dibandingkan jika kita memakan seledri seperti layaknya kita makan sayur. Dan, satu lagi, khasiat seledri itu, justru tersimpan di tangkainya, bukan di daun.

Hipertensi
Zat gizi dalam seledri yang berkhasiat menurunkan tekanan darah disebut potasium. Potasium merupakan zat yang berlawanan dengan peran natrium. Bila natrium cenderung bisa meningkatkan tekanan darah, maka potasium-lah yang bisa mengendalikan tekanan darah. 
Namun seledri tidak mengobati penyakit hipertensi. Ia berfungsi mencegah, supaya hipertensi tidak meningkat. Jadi kalau hipertensinya sudah diatas 160, ya harus diobati dulu bun, setelah turun baru dijaga agar tidak kambuh lagi dengan mengkonsumsi seledri.

Mencegah Alergi
Khasiat seledri yang lain yang sering disebut-sebut adalah untuk mencegah  alergi. Seledri mengandung banyak vitamin A dan vitamin C. Vitamin A dan C itu, kan, meningkatkan imunitas. Kalau imunitas kita kuat berarti kita akan tercegah dari berbagai macam alergi yang masuk. Di samping itu, kita juga harus mengetahui bahwa alergi bisa disebabkan oleh faktor di dalam tubuh atau dari luar tubuh. Cara menyembuhkannya tidak sederhana namun mengonsumsi seledri bisa membantu mengurangi gejalanya.

Mengurangi Penyusutan daya ingat
Satu lagi khasiat seledri. Disebut-sebut seledri bermanfaat untuk mencegah penyusutan daya ingat. Hasil penelitian yang dilakukan Universitas Illinois menyebutkan, peradangan otak bisa menyebabkan susutnya daya ingat. Namun, kandungan luteolin dalam seledri mampu menghambat pelepasan molekul yang menyebabkan peradangan di otak. Hal ini juga dimungkinkan karena adanya kandungan asam folat dalam seledri. Asam folat terbukti mampu memperlambat penurunan daya ingat. 
Masih banyak manfaat seledri lainnya. Antara lain, memperlancar buang air kecil, sumber antioksidan, merawat kesehatan rambut, dan lain-lain. Jadi, mulai sekarang, masukkan seledri sebagai bagian dari menu sehat sobat Abc Resep.

Silahkan share artikel ini di sosmed sobat (FB, twitter, g+, WA, dll) klik share/bagikan.
#seledri, #khasiat kesehatan, #manfaat seledri, #sayur, #kesehatan, #alergi, #darah tinggi, #daya ingat
Asupan untuk penderita darah rendah
Tips memasak yang baik
Problematika Anak dan Keluarga




Artikel Terkait