Cara Membuat Es Campur

#Es Campur, - Kita semua tahu bahwa es campur adalah salah satu minuman khas yang di miliki oleh negara kita Indonesia. Es campur dapat kita jumpai di berbagai daerah yang ada di Indonesia, tentunya masing-masing daerah memiliki rasa dan bahan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, untuk menentukan daerah asal es campur ini sangat sulit.

cara membuat es campur


Es campur berisi campuran buah dan bahan-bahan yang manis, kadang juga asam. Namun es campur dengan es sop buah tentu berbeda, walaupun buahnya sama, letak perbedaannya adalah terletak pada es batunya. Kalau es campur es yang digunakan adalah es yang di serut, sedangkan untuk es sop buah es batu masih tetep utuh tidak di serut. Untuk membuat es campur sangatlah mudah. Berikut #resep cara membuat es campur spesial enak dan segar. Kalau sobat ingin tahu resep minuman lainnya, silahkan klik Resep Berbagai Minuman Spesial.


#Resep Es Campur Spesial, #Cara Membuat Es Campur, #Es Campur, #Resep Minuman

Cara membuat es campur yang segar


Bahan-bahan es campur :

    Isi buah nangka, potong dadu
    1 buah kelapa muda
    2 buah alpukat
    Bubur mutiara, secukupnya
    Kolang kaling matang, belah 2, secukupnya
    Buah-buahan (semangka, pepaya, nanas, dll), jika suka, potong dadu
    Es batu, lalu serut, secukupnya


Bahan saus es campur :

    250 ml air putih
    250 gr gula pasir
    1 daun pandan, ikat simpul
    3 sdm sirup merah atau sesuai selera


Cara membuat es campur spesial enak :
  1. Didihkan bahan saus (kecuali sirup) ke dalam wajan, dengan api yang tidak terlalu besar, angkat dan aduk-aduk hingga dingin. Campur sirup setelah dingin.
  2. Sediakan gelas atau mangkuk saji, susun bahan-bahan di atas, buah alpukat, buah nangka, kolang-kaling, bubur mutiara, kelapa muda, dan buah-buahan.
  3. Beri es batu yang sudah di serut, tuang saus es di atasnya. Terakhir agar semakin mantap rasanya, siram susu kental manis di atasnya. 
Hemm,, #es campur emang bener-bener penghilang dahaga dan haus, dan sangat cocok saat siang hari, dikala matahari sedang terik atau untuk buka puasa, dengan cara membuatnya yang mudah silahkan di coba resep cara membuat es campur spesial ini atau sobat bisa mencoba Es Buah Sederhana dirumah

Artikel Terkait