Resep Sambal Terasi Yang Enak

#Sambal Terasi - Siapa sih yang gak kenal #sambal? Makanan yang satu ini menjadi favorit hampir semua orang Indonesia. Meskipun tahu kalau pedas, tapi semuanya kepingin makan, pedas itulah yang dicari orang dari sambal. Makanya ada istilah tobat sambal, karena meskipun kepedasan minta ampun tapi besok diulangi makan sambal lagi, kagak kapok deh. Salah satu sambal yang digemari adalah #sambal terasi. ABC Resep kali ini akan memberikan Resep Sambal Terasi.
Cara membuat sambal terasi ini mudah kok. Ikuti saja cara membuat sambal terasi dari ABC Resep ini . Sesuai namanya, sambal ini menggunakan terasi sebagai bahan membuatnya. Terasi ini terbuat dari udang yang mudah didapat. Apalagi sekarang sudah ada terasi kemasan, lebih mudah lagi dong mendapatkannya. Kalau terasi tradisional yang masih dibungkus kertas atau bungkus sederhana menyebarkan bau yang ga enak ke mana-mana, tapi kalau terasi kemasan bau terasinya ga begitu menyebar.

Resep Sambal Terasi
#Terasi emang bau, tapi baunya yang tidak enak tidak menggambarkan rasanya yang enak, sedap dan gurih. Terasi ini lah yang memberikan rasa khas pada #sambal terasi. Membuat rasa sambal terasi berbeda dengan sambal lainnya.  yuk kita simak resep sambal terasi.

Resep Sambal Terasi

Bahan-bahan Sambal Terasi :

    9 buah cabe merah besar
    15 buah cabe rawit / kecil )
    5 siung bawang merah, kupas kulitnya
    2 siung bawang putih, kupas saja kulitnya
    1 sdm gula  merah(gula jawa)
    2 sendok teh terasi ( dibakar atau digoreng )
    1/2 sendok teh garam dapur
    minyak goreng secukupnya ( untuk menumis )

Cara membuat sambal terasi :

  1.  Pertama ambil bawang merah, bawang putih, cabe merah yang besar dan juga yang kecil (rawit), cucilah hingga bersih kemudian goreng hingga kering dan menjadi layu. Angkatlah dan tiriskan.
  2. Kemudian ulek saja bahan-bahan tadi dengan ulekan ( manual ) atau bisa juga menggunakan blender agar menjadi lebih cepat.
  3. Terakhir, campurkan terasi matangnya dan ulek terus hingga halus dan merata.
  4. Sambal terasi siap untuk disantap.
cara membuat sambal terasi mudah kan? cobain resep sambal terasi ya....
Selain sambal terasi ABC Resep juga punya resep sambal lainnya, silahkan dicoba :


Selamat Menikmati Sambal Terasi Yang Lezat dan Enak

#resep sambal terasi, #cara membuat sambal terasi, #resep sambal, #cara membuat sambal, #resep sambel, #sambel terasi, #sambal terasi

Artikel Terkait