Tips agar Minyak tidak Muncrat Saat Menggoreng Ikan

#Tips Menggoreng Ikan - Tidak sedikit dari ibu rumah tangga akan sangat kesal harus menyiapkan menu makanan berupa ikan goreng. Ikan goreng merupakan menu yang enak dan banyak disukai oleh anggota keluarga, tetapi menggoreng ikan juga ditakuti oleh sebagian ibu rumah tangga, karena minyaknya sering meletus atau muncrat sehingga sering mengenai tangan dan anggota tubuh lain. Menggoreng ikan tidak sama dengan ketika membuat Nasi Goreng.

tips agar minyak tidak muncrat saat menggoreng ikan

Menggoreng ikan memerlukan teknik khusus agar minyak di penggorengan tidak meletus dan mengenai tangan Anda. Jangan takut ABC Resep akan memberikan tips menggoreng ikan yang aman. Sobat tidak perlu lagi menjadi ninja atau berpakaian ala cat woman saat menggoreng ikan silahkan baca #tips aman menggoreng ikan, agar minyak tidak muncrat atau meletus di bawah ini. Sobat juga perlu membaca tips agar ikan tidak lengket di penggorengan.

Tips agar minyak tidak muncrat saat menggoreng ikan

    Minyak
Gunakan minyak secukupnya untuk menggoreng ikan. Terlalu banyak minyak justru akan membuatnya semakin mudah meletus-letus saat digoreng. Tetapi ingat, jangan terlalu sedikit pula menggunakan minyak untuk menggoreng ikan karena hal ini dapat mengurangi kadar kerenyahan ikan.

    Suhu Penggorengan
Pastikan suhu minyak tidak terlalu panas. Minyak yang terlalu panas justru akan membuatnya lebih mudah meletus-letus. Minyak panas yang bercampur dengan ikan basah akan memudahkan terjadinya letusan-letusan kecil di penggorengan Anda.

    Kadar Air
Agar minyak tidak mudah meletus saat menggoreng ikan. Hal yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah kadar air dalam ikan ataupun bumbu ikan. Minyak panas yang bercampur dengan air akan mudah mengeluarkan letusan.

    Waktu Memasak
Sobat perlu mengatur waktu dan suhu minyak ketika menggoreng, demi mendapatkan kadar kematangan ikan yang diinginkan sedangkan di sisi lain Anda tidak ingin minyak di wajan meletus, maka suhu dan waktu menggoreng ikan perlu disesuaikan. Karena suhu yang digunakan rendah, tentu waktu untuk menggoreng akan berlangsung lebih lama dari menggoreng ikan dengan suhu tinggi.

    Bumbu Ikan
Bumbu ikan sangat perlu diperhatikan dalam menggoreng ikan. Untuk ikan yang rendah letusan cobalah membumbuinya dengan tepung roti atau tepung kering. Lumuri terlebih dahulu ikan dengan bumbu basah lalu lapisi dengan tepung kering. Tepung kering akan membuat ikan goreng semakin renyah dan kadar airnya dapat terserap sempurna olehnya.

Masih takut menggoreng ikan sendiri di rumah? cobalah tips di atas dan dapatkan ikan goreng renyah tanpa kena minyak saat proses penggorengan. Ga perlu lagi deh main perang-perangan pakai tutup panci sebagai tameng saat menggoreng ikan. Sobat juga perlu membaca cara menggoreng ikan agar tidak lengket di penggorengan.

Tips agar minyak tidak muncrat saat menggoreng ikan

#tips agar minyak tidak muncrat saat menggoreng ikan, #tips dapur, #tips menggoreng ikan, #cara menggoreng ikan, #tips agar minyak tidak meletus saat menggoreng ikan

Artikel Terkait