Resep Sayur Asem

Sayur asem memiliki rasa enak, segar dan nikmat, apalagi ketika cuaca sedang hangat atau panas. Pas banget kalau dijadikan menu makan siang. Dengan rasanya yang memiliki ciri khas tersendiri yaitu, asem, pedas dan segar menjadikan menu sayur asem sering hadir di resto atau diwarung-warung makan terdekat. Sebagai tambahan atau pelengkap agar jadi tambah nikmatnya kelezatan sayur sejuta umat ini, sobat bisa padukan dengan pelengkap berupa sambal terasi dan ikan asin yang gurih atau ikan goreng biasa juga nikmat kok..hmm....
Hidangan berkuah nan segar pasti bisa memberikan kesegaran pada santapan keluarga. Dari begitu banyak hidangan berkuah, kali ini kami memilihkan resep sayur asem. Semangkuk sayur asem dipadukan dengan nasi putih yang mengepul hangat dan lauk-pauknya, akan menggugah selera makan dan mengobati rasa lapar.

Sayur Asem

Membuat sayur asem pun sangat mudah dan praktis. Biasanya di pasar tradisional ataupun supermarket, sudah tersedia paket bahan sayur mayur untuk sayur asem, jadi sobat tidak perlu lagi bingung memilih sayur mayur apa yang perlu dipersiapkan. Ada berbagai versi resep sayur asem, antara lain; sayur asem betawi, sayur asem jawa, dan sayur asem sunda. Perbedaannya terletak pada buah asem dan bumbu yang digunakan. Sayur asem betawi menggunakan buah asem yang muda yang masih utuh dengan kulitnya, sehingga kuah yang dihasilkan biasanya berwarna bening. Sedangkan sayur asem jawa dan sunda, menggunakan buah asem kupas yang sudah tua (berwarna cokelat muda), sehingga kuah akan berwarna keruh. Sebagai tambahan, sayur asem sunda menggunakan kemiri yang ditumbuk halus bersama bumbu, sehingga akan terasa lebih gurih. Silahkan simak Resep Sayur Asem dan Cara Membuat Sayur Asem.

Bahan Sayur Asem
1.250 ml air
2 buah jagung manis, potong melintang
100 gram labu siam, potong-potong
7 utas kacang panjang, potong-potong

Bahan sayur asem yang dihaluskan:
7 butir bawang merah
5 buir kemiri, sangrai
3 buah cabai merah
1 sdt terasi goreng
2 sdt garam
2 sdt gula pasir
3 buah ibu jari asam jawa (muda) atau bisa diganti asam tua atau blimbing wuluh.
2 Lembar daun salam
3 cm lengkuas, memarkan

Cara membuat sayur asem :
1. Didihkan 300 ml air.
2. Tuang air mendidih ke dalam mangkok yang berisi asam muda. Diamkan
3. Pecahkan asam muda. Masukkan kembali ke mangkok.
4. Didihkan air. Masukkan bumbu yang dihaluskan, daun salam, lengkuas dan air asam.
5. Setelah mendidih, Masukkan labu siam, kacang panjang, dan jagung manis.
6. Masukkan gula dan garam.
7. Masak sampai mendidih dan sayuran matang. Angkat, sajikan.
Selamat menikmati lezatnya sayur asem yang segar, gurih, dan pedas.


Artikel Terkait