Gak Nyangka 7 Makanan Sederhana ini Bisa Melancarkan Buang Air Besar (BAB). No 3 Pasti Banyak Yang Suka

Makanan Untuk Melancarkan Susah Buang Air Besar - Pernah merasakan perut tidak enak gara-gara belum buang air besar selama 3 hari atau lebih? Masalah ini biasa disebut sebagai sembelit. Buang air besar mestinya dilakukan tiap hari. Jika tidak, perut akan terasa penuh (begah), perasaan tidak nyamanpun akan muncul. Hal ini bisa mengakibatkan tinja menjadi keras yang berpotensi melukai anus, sehingga terjadi pendarahan saat buang air besar. Oleh karena itu, perlu diambil langkah-langkah untuk mengobati susah buang air besar (BAB) atau sembelit.

Masalah susah buang air besar (BAB) sering dialami oleh masyarakat. Hampir semua orang Indonesia pernah mengalami sembelit atau susah BAB. Padahal buang air besar (BAB) setiap hari adalah merupakan tanda kalau sistem pencernaan Anda sehat. Kalau tidak bisa buang air besar setiap hari berarti bisa dikatakan ada masalah dalam sistem pencernaan Anda. Anda perlu mengetahui penyebab susah buang air besar (BAB). Bacalah : Waspadai Penyebab Susah Buang Air besar ini.

Meskipun demikian, untuk mengobati Susah Buang Air Besar (BAB) tidak harus dengan minum obat. Anda bisa mengatasi susah buang air besar (BAB) dengan cara alami dan cepat. Ada makanan-makanan yang mampu mengobati susah buang air besar (BAB) atau sembelit. Konsumsilah makanan-makanan alami terlebih dahulu sebelum Anda mengobati sembelit atau susah buang air besar dengan obat kimiawi.

makanan melancarkan buang air besar

Berikut ini makanan-makanan untuk melancarkan BAB dan mengatasi susah buang air besar (BAB) yang mampu mengobati sembelit secara alami dan cepat :



1. Madu Murni

Cara mengobati sembelit dengan menggunakan madu murni adalah dengan cara mencampurkan madu murni dengan air hangat. Minumlah air hangat yang sudah dicampuri madu murni untuk melancarkan susah buang air besar (BAB). Minum madu murni akan menguatkan usus dan memperkuat sistem pencernaan. Madu murni akan memberikan efek positif bagi pencernaan.

2. Pepaya

Pepaya merupakan buah yang sudah lama diyakini oleh masyarakat Indonesia sebagai obat untuk mengatasi susah buang air besar (BAB). Pepaya adalah buah yang mudah dijumpai dan harganya juga murah. Konsumsilah pepaya untuk mengobati susah buang air besar atau sembelit. Pepaya mengandung banyak  vitamin dan juga kaya akan serat sehingga mampu melancarkan buang air besar (BAB).

3. Sari  Tebu

Untuk melancarkan buang air besar (BAB), Anda bisa menggunakan sari tebu. Ya sari tebu. Minuman yang manis  dan segar  apalagi kalau dicampur es dan diminum siang hari  ini mampu mengatasi susah buang air besar. 

Cara membuat obat pencahar untuk mengatasi susah BAB ini sangat mudah. Campurkan air hangat dengan dua sendok makan sari tebu. Minumlah sari tebu ini setiap pagi hari. Khasiat ramuan sari tebu ini akan mencaharkan tinja yang keras sehingga mengobati susah buang air besar (BAB) dan melancarkan BAB.

4. Air Putih


Cara sederhana untuk mengatasi susah buang air besar (BAB) adalah dengan mengkonsumsi air putih yang cukup. Salah satu penyebab susah buang air besar adalah kurangnya minum air putih. Dengan mencukupi asupan cairan tubuh, proses pencernaan akan menjadi lancar. Air juga membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Konsumsi air yang cukup juga akan menghindarkan tubuh dari dehidrasi. Konsumsilah air putih yang cukup untuk melancarkan buang air besar (BAB).

5. Cokelat Hitam

Cokelat hitam/murni dengan coklat yang dijual bebas di supermarket sangat berbeda. Coklat hitam atau bisa disebut juga cokelat murni memiliki kandungan antioksidan yang cukup baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaatnya yakni kandungan magnesium yang tinggi yang mampu meningkatkan kinerja usus. selain itu magnesium mampu mendorong ekreksi dan membantu otot usus untuk berkontraksi. konsumsi coklat murni sesudah makan mampu mengatasi susah BAB. 

6. Kismis

Makanan yang mampu melancarkan buang air besar (BAB) dan mengatasi susah buang air besar (BAB) adalah kismis. Kismis adalah buah anggur yang dikeringkan dan dapat dimakan langsung sebagai manisan, dicampur dengan adonan roti, nasi kebuli bahkan dalam racikan obat berbahan alami. Kismis mengandung serat dan fruktan, yang berfungsi sebagai pembentuk massa tinja dan menbantu mencegah sembelit, juga kanker kolon. Anda bisa membaca manfaat Kismis lainnya disini : 8 Manfaat Kismis Untuk Kesehatan.

7. Kopi

Banyak orang sengaja minum kopi untuk mengatasi masalah sembelit. Cara ini tidak salah, karena kafein dalam kopi dapat menstimulasi otot-otot pencernaan untuk bekerja lebih cepat. Sehingga.. seseorang bisa mengalami mulas dan buang air besar dengan mudah.

Demikianlah makanan-makanan untuk melancarkan buang air besar (BAB) dan bisa digunakan sebagai obat untuk mengobati susah buang air besar (BAB). Pilihlah makannan yang mudah didapat dan diyakini mampu mengatasi sembelit atau susah BAB. (baca juga : Cara Mengatasi Susah BAB secara alami dan cepat)


Artikel Terkait