Latest News

Translate

Cara Membuat Kue Mendut

Kue Mendut - Indonesia ini negara yang terdiri dari banyak suku dengan budaya dan adat istiadat berbeda-beda, termasuk makanan khasnya juga punya ciri khas masing-masing, bukan hanya dari bahan dan cara memasaknya tetapi juga bentuk dan rasanya juga berbeda. Itulah kekayaan negeri kita tercinta Indonesia.
Masakan tradisional Indonesia salah satunya berjenis kue basah. Nah, makanya ABC Resep kali ini akan membagikan resep kue basah tradisional yang berasal dari tanah jawa yaitu Resep Kue Mendut. Kue mendut ini sudah mulai jarang ditemui di pasaran, mungkin remaja sekarang belum pernah tahu kue ini dan bahkan terasa asing mendengar namanya. Tapi kue mendut ini adalah warisan budaya Indonesia yang harus kita lestarikan.
Seperti kebanyakan kue basah tradisional lainnya yang bercita rasa manis, Kue Mendut ini juga memiliki rasa yang manis. Rasa manis kue mendut akan terasa lebih lezat karena berpadu dengan gurihnya santan kelapa. Perpaduan ketan, manisnya gula, dan gurihnya santan akan memberikan kelezatan yang selalu nempel di lidah. Ueenak Polll.
Cara membuat kue mendut ini mudah kok, silahkan ikuti resep kue mendut di bawah ini. Langkah membuat kue mendut ini mudah kok. yuk, cobain.

Kue Mendut

Bahan Kue Mendut :
1. 500 gram tepung ketan
2. 1 sdt garam
3. ½ sdt air kapur sirih
4. 450 ml air hangat
5. Pewarna maerah, hijau, dan kuning secukupnya
6. 8 lembar daun pandan, potong-potong

Isi Mendut :
1. 1 butir kelapa, parut memanjang
2. 200 gram gula pasir
3. 4 lembar daun pandan, sobek-sobek
4. 1 sdt garam
5. 200 ml air

Kuah Mendut :
1. 750 ml santan
2. 2 sdm tepung beras
3. 1 sdt garam

Cara Membuat Kue Mendut :
Kulit Mendut :campur tepung ketan, garam dan air kapur sirih. Tuang air hangat sedikit-sedikit, aduk sampai kalis Sisihkan.

Isi Mendut : masak kelapa parut, gula pasir, gula pandan, garam dan air sampai meresap. Bentuk bulat-bulatkan kecil. Sisihkan. Usahakan dalam membulat-bulatkan adonan, jari atau telapak tangan Anda dibasahi.

Kuah Mendut :didihkan santan. Masukkan tepung beras, dan garam masak sampai mengental. Sishkan. Bagi adonan menjadi 3 bagian, beri pewarna masing-masing adonan, merah, hijau dan kuning. Aduk rata.

Siapkan daun pisang, taruh bulatan adonan berbeda warna. Tambahkan potongan daun pandan, lalu siram dengan kuah. Bungkus tum, lalu kukus sampai matang selama 30 menit.
Tutup adonan dengan kain basah supaya adonan tidak mudah kering.