Resep Ayam Kalio

Resep Ayam Kalio - Resep masakan berbahan ayam memang tidak ada habisnya. Ada aja resep-resep baru yang bermunculan dari  tiap daerah maupun hasil kreasi ibu rumah tangga yang sudah akrab dengan menu berbahan daging ayam.
Daging ayam memang seolah menjadi mendamping setia dari nasi. Ya, hampir tiap hari yang dimasak adalah ayam. Paling tidak setiap minggu ketemu ayam. Sampai bunda suka bingung sendiri, mau dimasak apalagi nih ayam. Kalau masakan ayam seperti hari kemarin, pasti suami tercinta dan anak tersayang pada protes. ya kan bun...? Padahal bunda juga bosen dengan masakan itu-itu aja. Tapi ayamnya mau dimasak gimana lagi. Bingung kan?

Resep Ayam Kalio

Ga usah bingung lagi bun, cari aja resep-resep berbahan ayam yang enak-enak di www.abcresep.blogspot.co.id salah satunya, Resep Ayam Kalio ini. (Anda juga bisa nyoba : 
Ayam Kalio ini menggunakan santan, tapi beda dengan kari ayam yang sudah biasa bunda masak. Masakan Ayam Kalio ini bercita rasa gurih, beraroma rempah  jadi sangat cocok dimakan dengan lontong atau ketupat. Tapi kalau tidak ada lontong atau ketupat, sobat bisa menggunakan nasi. Rasanya tetap sama enaknya kok. Rasa gurih santan ditambah kemiri menambah gurihnya Ayam Kalio yang sedap ini. Cara memasak Ayam Kalio ini mudah kok bun. Cobain Resep Ayam Kalio di bawah ini : resep ayam panggang santan, resep ayam bumbu rujak, resep ayam bumbu ijo)

Bahan Ayam Kalio :
3 sdm minyak untuk menumis
3 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
8 lembar daun jeruk purut
1 lembar daun kunyit, simpulkan
1 ekor (1200 g) ayam kampung, potong menjadi 12 bagian
1 L santan dari 2 butir kelapa parut
1½ sdt garam
1 sdt merica bubuk

Bumbu Masakan Ayam Kalio, haluskan:
8 butir bawang merah
8 buah cabai merah keriting
6 butir kemiri, goreng
4 siung bawang putih
4 cm jahe, kupas
4 cm kunyit, bakar, kupas

Pelengkap Ayam Kalio :
Nasi atau ketupat

Cara Membuat Ayam Kalio :

  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, serai, daun jeruk, dan daun kunyit hingga harum.
  2. Masukkan ayam, aduk hingga setengah matang.
  3. Tuangi santan, masak di atas api kecil sambil terus aduk hingga ayam matang, namun kuah santan masih banyak.
  4. Bubuhi garam dan merica. Aduk rata. Angkat.

Artikel Terkait